25 April 2021

Profil

Sejak berdirinya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) pada tanggal 12 Juni 2008 menaungi 3 prodi yaitu Sastra Inggris, Sosiologi, dan Ilmu Komunikasi. Pada Tahun 2009 terbentuklah 1 prodi baru yaitu prodi Psikologi. Di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya ini dalam setengah periode kepemimpinan dibentuklah empat Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) yaitu Apresiasi Bahasa dan Sastra (ABSTRA), Komunitas Riset (RISET) , Jurnalistik dan Fotografi (FANATIK), Seni dan Olah Raga (ORGASIB).

Bertepatan dengan 25 Februari 2009 terbentuk wadah dengan semangat optimisme untuk meningkatkan kualitas intelektualisme mahasiwa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya dengan nama UKM-F RISET mengambil sisi penalaran dan penelitian di bidang ilmu sosial. Kita tahu bersama bahwa fenomena sosial sangatlah kompleks berkelindan dengan segala kausalitas yang menyebar di berbagai jaringan-jaringan yang jika secara kasar dilihat akan sulit di pahami. Namun dengan hadirnya UKM-F RISET ini kemudian mencoba untuk menguraikan komplekstisitas dari fenomena sosial dengan memanfaatkan teori-teori sosial yang semakin canggih dan metodologi penelitian ilmu sosial untuk menjaga objektifitas terhadap fenomena sosial yang sedang dikaji. Sehingga dengan demikian UKM-F RISET bertujuan untuk mengembangkan kajian di bidang penelitian, karya ilmiah, dan penalaran. Karena untuk memahami fenomena sosial tidak hanya bisa digunakan satu bahan untuk memahami, misalkan saja kemiskinan. Untuk membahas kemiskinan selain masalah kesejahteraan sosial karena keterbatasan ekonomi kitapun beranggapan bahwa kemiskinan karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan kemampuannya dan bersaing secara sehat di kancah pasar pekerjaan global, namun apa jadinya jika kemiskinan ini adalah akibat dari strukturral, birokrasi, maupun karena kebijakan pemerintah itu sendiri? Disinilah diperlukan penalaran yang melihat dari berbagai sudut pandang sehingga dengan pendekatan berbagai disiplin ilmu kita akan melihat fenomena secara bijaksana.

Untuk mencapai tujuan ditas UKM-F RISET berkomitmen untuk meningkatkan kualitas anggota di bidang teoritis dan metodologis, dimana kedua hal inilah yang digunakan sebagai pisau analisis untuk memahami fenomena sosial. Perangkat Metodologis berkaitan dengan pemahaman atas metode penelitian yang digunakan dalam bidang ilmu sosial sehingga dengan pemahaman akan bidang ini para anggota akan melihat secara logis fenomena-fenomena sosial. Metode penelitian sosial ini penting karena UKM-F RISET yang berada di lingkungan perguruan tinggi sudah barang tentu cara berpikir dan perangkat argumentasi harus didasarkan pada basis ilmiah dan karenanya pemahaman metodologi sangat penting untuk meningkatkan keilmuan anggota dan diharapkan akan mampu meningkatkan metode penelitian itu sendiri. Selain perangkat metodologi, UKM-F RISET juga mengembangkan di bidang teoritis dimana perangkat teoritis ini berkaitan dengan pemahaman atas teori-teori ilmu sosial yang sangat beragam dan kompleks. Optimisme atas teoritis ini didukung dengan beragamnya progam studi yang ada di FISIB seperti Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Sastra Inggris, serta Psikologi yang mana setiap progam studi ini memiliki perangkat perkembangan teoritis yang berbeda-beda namun dengan saling perbedaan inilah yang kemudian menjadikan UKM-F RISET kaya akan berpsektif dan sudut pandang.

Peningkatan kualitas di bidang metodologis dan teoritis ini kemudian dibentuk dalam berbagai kegiatan yang dilaksankan baik secara mingguan, bulanan, hingga satu tahun sekali. Kegiatan mingguan di UKM-F RISET berbentuk diskusi rutin yang didalamnya para anggota saling bersinergi dan aktif dengan metodologi penelitian juga kajian-kajian teoritis. Kegiatan lain yang dilakukan oleh UKM-F RISET adalah kegiatan seminar maupun bedah buku yang bersifat ilmiah dengan menghadirkan para akademisi, praktisi, maupun para pemerhati di bidang kajian ilmu sosial serta kepenulisan ilmiah. Kegiatan lain yang dilakukan oleh UKM-F RISET yang dilakukan satu tahun sekali adalah terjun ke lapangan untuk mengadakan penelitian, dimana kegiatan ini sebagai inti dari UKM-F RISET serta mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapatnya di UKMF RISET maupun dunia kampus ke dalam kehidupan masyarakat sehingga dengan terjunnya para anggota ke realitas masyarakat para anggota akan terbangun kepekaan serta kesadaran atas berbagai fenomena sosial. Kepekaaan terhadap fenomena dan masalah sosial inilah yang kemudian memberikan impuls kesadaran para anggota untuk meluangkannya dalam bentuk laporan penelitian yang ilmiah sehingga dapat dipertanggung jawabkan tulisannya.

Akhirnya, deskripsi singkat ini yang mencoba untuk memberikan arah perkenalan kepada UKM-F RISET sampai pada tahap kulminasi-tidak menutup kemungkinan untuk terus berkembang-yaitu UKM-F RISET adalah sebuah organisasi yang menyiapkan para anggotaa untuk siap dilapangan yang kuat akan metodologis serta analisis teoritis dan karya ilmiah merupakan karya tertinggi sebagai anggota UKM-F RISET.