DAMPAK POSITIF TIKTOK SHOP DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN
Laili istianah
Program studi sosiologi, fakultas ilmu sosial dan ilmu budaya
Universitas Trunojoyo Madura
Era modern saat ini membuat seluruh aktivitas kehidupan lebih sederhana dengan inovasi teknologi, kemajuan teknologi saat ini yang dulunya dianggap sulit sekarang semua dapat dilakukan dengan mudah. Media sosial adalah sarana penunjang untuk para konsumen dalam membagikan informasi teks, video, gambar maupun audio yang berkaitan dengan perusahaan satu sama lain ( Kotler & Keller, 2016). Pemanfaatan teknologi dalam bisnis sebagai agen promosi yang canggih dalam menyampaikan informasi kepada konsumen dengan cara menarik dan modern. Tidak hanya e-commerce sebagai media penjualan saat ini, tetapi tiktok juga sudah menyediakan fitur terbarunya yaitu tiktok shop.
Tiktok, platform media sosial yang saat ini sedang booming di kalangan remaja, saat ini tiktok memperkenalkan fitur terbaru dari aplikasi tersebut yaiti tiktok shop sebagai tempat jual beli produk, pengguna tiktok di indonesia mencapai 126, 83 juta audiens, angka tersebut menjadikan indonesia sebagai negara pengguna aktif tiktok nomer 2 di dunia setelah amerika serikat (databoks 2024). Sehingga memungkinkan promaosi bisnis di aplikasi tersebut dapat menguntungkan.
Tiktok shop adalah fitur perdagangan sosial yang memungkinkan pengguna dan pencipta untuk mengiklankan dan menjual produk mereka melalui tiktok, fitur belanja di tiktok sebagai respon atas peningkatan penjualan berbagai produk setelah adanya promosi dari berbagai brand melalui platform jejaring sosial tersebut. Menurut survei Adweek-Morning Consult, 49% pengguna akan membeli produk atau layanan setelah melihat iklan, promosi, atau ulasan di tiktok.
Konsumen adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang dan jasa untuk dikonsumsi pribadi (Philip Kotler). Dengan adanya fitur tiktok shop memudahkan para konsumen yang ingin berbelanja dengan jarak jauh apalagi di tiktok shop banyak potongan diskon sehingga mampu menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.
Dengan adanya tiktok shop ini memengaruhi perilaku konsumen dan memperluas jangkauan bisnis
1. Pemahaman yang lebih dalam tentang produk
Tiktok shop memungkinkan merek untuk memperkenalkan produk mereka melalui video yang menarik dan informatif. Dibandingkan dengan foto produk atau deskripsi produk, video pendek ini memberikan gambaran bagaimana bentuk dari produk tersebut, kualitas produk tersebut. Hal ini membantu konsumen untuk membuat keputusan pembelian suatu produk.
2. Peningkatan interaksi dan keterlibatan
Melalui tiktok shop konsumen dapat berinteraksi langsung dengan penjual melalui like, komen, dan berbagi video. Hal ini menciptakan pengalaman yang lebih personal dan memperkuat keterlibatan antara penjual dan konsumen. Dengan berpartisipasi dalam diskusi atau kompetisi yang diselenggarakan oleh penjual, konsumen merasa lebih terlibat dengan penjual produk tersebut.
3. Mendorong pembelian implusif
Video tiktok yang menarik dapat merangsang pembelian implusif. Ketika konsumen melihat produk yang menarik dalam video, merreka cenderung langsung menuju ke halaman pembelian dan melakukan pembelanjaan. Hal ini dapat meningkatkan konversi penjualan bagi penjual dan memberikan keuntungan finansial yang signifikan.
4. Kolaborasi dengan creator konten
Tiktok shop memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin berkolaborasi dengan creator konten populer. Kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan visibilitas mereka, tetapi juga memperluas jaringa mereka ke penggemar creator konten tersebut. Ini menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap mereka.
Harga menjadi salah satu faktor penting untuk menarik konsumen, para kosumen akan membandingkan harga produk di beberapa e-commerce atau pusat perbelanjaan offline, harga akan menentukan para konsumen tersebut membeli suatu produk atau tidak. Konsumen sering menggunakan harga untuk menilai manfaat dan kualitas barang. Indikator persepsi harga menurut (Kotler & Keller, 2008) dalam (Iqbal Krisdayanto & Haryono, 2018) terdapat empat indikator yakni: keterjangkauan harga, kesesuaian harga dan kualitas, daya saing harga, kesesuaian harga dan manfaat.
DAFTAR PUSTAKA
Nurul agustin, Amron (2022). Pengaruh influencer marketing dan persepsi harga terhadap minat beli skincare pada tiktok shop. Jurnal ekonomi dan bisnis vol (5). No 1. https://telkomuniversity.ac.id/penulisan-daftar-pustaka-dari-buku-artikel-jurnal-makalah-media-online-hingga-video-youtube/
Universitas bakrie (2023,1 november). Kenalan dengan tiktok shop, sosial commerce yang sedang naik daun diakses pada tanggal 10 mei 2024. https://telkomuniversity.ac.id/penulisan-daftar-pustaka-dari-buku-artikel-jurnal-makalah-media-online-hingga-video-youtube/
Cindy mutia annur (2024, 06 maret). Iklan tiktok di indonesia jangkau 126 juta audiens, terbanyak ke-2 global diakses pada tanggal 10 mei 2024. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/06/iklan-tiktok-di-indonesia-jangkau-126-juta-audiens-terbanyak-ke-2-global